-->
Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini - Paud Inklusi
 Direktorat pelatihan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Inf MENGENAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - PAUD INKLUSI
Bunda--sekalian-- Direktorat pelatihan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, sudah mengembangkan kegiatan dan kegiatan Khusus ibarat pemberian untuk Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. pemberian untuk PAUD inklusi ini bertujuan untuk meningkatkan saluran layanan PAUD bagi bawah umur berkebutuhan khusus. Ini diperlukan juga sanggup mendorong lembaga PAUD untuk siap mempersembahkan layanan pendidikan yang layak bagi tiruana anak, termasuk anak yang berkebutuhan khusus.

Samasukan kegiatan ini yaitu forum PAUD yang melayani bawah umur luar biasa baik dalam kegiatan PAUD Inklusi maupun Taman Kanak-kanak luar biasa yang mana lembaga-lembaga PAUD ini menjadi binaan Dinas Pendidikan Provinsi.

Apakah PAUD Inklusi itu ?

Inklusi atau inklusif berasal dari kata "Include" yang artinya ikut serta atau terlibat-melibatkan, inklusif yaitu lawan kata dari khusus. Eksklusif mempunyai makna tertutup sedangkan inklusif artinya terbuka, dari arti kata ini sanggup kita asumsikan bahwa PAUD Inklusi ini harus terbuka untuk anak usia dini siapa saja, baik anak dengan kondisi tumbuh kembang normal maupun anak berkebutuhan khusus. Baik anak dari tingkat ekonomi (kaya) atas maupun anak golongan tingkat bawah (miskin). Baik dari keluarga serasi maupun dari keluarga yang tidak bahagia. Semua anak sanggup bergabung dalam satu forum tanpa dibeda-bedakan dalam kegiatan Program PAUD ini.

Ada beberapa pengertian dan definisi dari para andal wacana pendidikan inklusi ini, pengertian yang terdekat dengan Pendidikan Anak Usia Dini dan Inklusi, ibarat di bawah ini :

Pendidikan Inklusi yaitu layanan pendidikan yang seterbaik mungkin mengakomodasi tiruana anak termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus atau anak luar biasa di sekolah atau forum pendidikan (diutamakan yang terdekat dengan kawasan tinggal anak) bersama dengan kawan-kawan sebayanya dengan memperhatikan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh anak.(Tim Pendidikan Inklusi Jawa Barat, 2003:4)

Pendapat lain menyampaikan Pendidikan Inklusi yaitu pendidikan yang mempersembahkan layanan kepada setiap anak tanpa terkecuali. Pendidikan yang mempersembahkan layanan terhadap tiruana anak tanpa memandang kondisi fisik, mental, intelektual, sosial, emosi, ekonomi, jenis kelabuin, suku, budaya, kawasan tinggal, bahasa dan sebagainya. Semua anak berguru bersama-sama, baik di kelas/ sekolah formal maupun nonformal yang berada di kawasan tinggalnya yang diubahsuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak. (Pendidikan yang Terbuka Bagi Semua, Djuang Sunanto, 2004:3)

Jadi Dapat disimpulkan bahwa pendidikan inklusi adalah:
  1. Pendidikan yang mengakomodasi tiruana anak tanpa memandang kondisi fisik, intelektual, emosional, sosial maupun kondisi lainnya.
  2. Pendidikan yang memungkinkan tiruana anak berguru gotong royong tanpa memandang perbedaan yang ada pada mereka.
  3. Pendidikan yang berupaya memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuannya.
  4. Pendidikan yang sanggup mengembangkan kecerdasan emosional dengan berkembangnya rasa   tenggang rasa dan solidaritas.
  5. Pendidikan yang mempersembahkan anak peluang berguru secara langsung, nyata, serta adil terkena aneka macam karakteristik mitra sebaya.
  6. Pendidikan yang memandang setiap individu anak yaitu unik dengan ciri karakteristik yang khas dan kemampuan yang tidak sama-beda
  7. Pendidikan yang dilaksanakan tidak spesialuntuk di sekolah formal, tetapi juga di forum pendidikan dan kawasan lainnya.

Demikian bunda sekalian, sekilas wacana PAUD Inklusi agar bermanfaa, jikalau ada materi dan gosip lain wacana PAUD Inklusi mohon di share di sini ya untuk kita saling menyebarkan ilmu pengetahuan, demi suksesnya kegiatan PAUD kita, di Indonesia.. terimakasih....Wassalam... duniapaud1.blogspot.com


LihatTutupKomentar