Pernahkan bunda--dan ayah'nda--melihat ananda bergerak-gerak, bergoyang, dan menari-nari kecil mengikuti alunan atau hentakan irama musik. Telihat lucu dan menggemaskan, Itulah tanda anak memang mempunyai salah satu kecerdasan dalam kecerdasan jamak (Multiple Intelligences) yaitu kecedasan musikal, musik yang memang sudah menjadi potensi bawaan semenjak anak masih sangat kecil. Anak usia dini yang mempunyai kecerdasan musik terlihat bahagia bernyanyi, bersenandung, atau bersiul seorang diri. Jika mendengar irama musik tersebut, anak yang berbakat secara kinestetik di bidang ini akan menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama dan ikut menyanyi. Anak yang sangat cerdas dan berbakat bahkan sudah sanggup memainkan alat musik yang berdasarkan sebagian anak sangat rumit.
Tetapi juga perlu diperhatikan bahwa ada anak usia dini yang cerdas di bidang musik ini dengan cara tidak nampak dan kentara dengan spesialuntuk menerangkan rasa apresiasi yang baik pada musik. Secara umum kecerdasan musikal ialah kemampuan seorang anak dalam menangani bentuk-bentuk musikal, ibarat mengubah, menikamati musik, mengekspresikan diri, contohnya seorang anak mencoba menjadi artis hayalannya, pemain musik, mengekspresikan diri, contohnya menjadi penyanyi, komposer, dan menjadi pemain musik. Sebagai seorang pendidik PAUD hendaknya kita memmenolong menggali dan turut berbagi kemampuan anak yang mempunyai kecerdasan musikal ini seotimal mungkin.
Pada perkembangan selanjutnya ibarat yang kita ketahui bahwa pada pertama-pertama pertumbuhan otak anak anak berkembang lebih pesat pada kemampuan otak kananya. Karena itu kecerdasan musikal yang bersentuhan eksklusif dengan potensi kecerdasan otak kanan anak sangat anggun untuk dibangun semenjak usia dini. Kegiatan-kegiatan seni khususnya seni musik di sekolah atau forum PAUD sanggup memmenolong perkembangan kecerdasan anak menjadi lebih optimal, terutama kemampuan kecerdasan musikal pada anak usia dini. Guru dan pendidik PAUD sanggup berperan aktif dalam mempersembahkan rangsangan-rangsangan pada kecerdasan musikal anak dengan kegiatan-kegiatan musik baik secara eksklusif maupun tidak eksklusif melibatkan anak dalam acara tersebut. Kegiatan eksklusif contohnya anak diajak bernyanyi, bermain musik,dan sebagainya. Kegiatan tidak eksklusif melibatkan anak contohnya di forum PAUD sanggup diputarkan musik dan video lagu-lagu anak, musik klasik sanggup menjadi pilihan yang baik untuk seluruh anak di forum PAUD tersebut. melaluiataubersamaini acara tersebut diperlukan kemampuan musikal dan apresiasi seni musik anak sanggup menjadi dasar bagi peningkatan dan perkembangan kecerdasan otak anak secara lebih optimal.
Demikian terkena kecerdasan musikal pada anak usia dini, biar bermanfaa untuk dijadikan pola bagi pendidik dan orang renta dalam mendukung anak berguru dan latihan di rumah dan di sekolah. Terima kasih.
Sumber : di sarikan dari aneka macam sumber !!