-->
Kompetensi Pengawas Kepala Dan Tenaga Manajemen Paud 2014
 Kompetensi pengawas atau penilik PAUD mencakup beberapa aspek kompetensi KOMPETENSI PENGAWAS KEPALA DAN TENAGA ADMINISTRASI PAUD 2014
Dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 3) tentang Kompetensi Pengawas, Kepala, Tenaga Adm PAUD, Kompetensi pengawas atau penilik PAUD mencakup beberapa aspek kompetensi-kompetensi seperti; Kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi penelitian dan pengembangan, kompetensi supervisi akademik, dan kompetensi penilaian pendidikan. Kompetensi Kepala PAUD mencakup beberapa aspek kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi supervisi. Sedangkan Kompetensi Tenaga Administrasi PAUD memenuhi kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi manajerial. Lebih jelasnya tentang Kompetensi Kompetensi Pengawas, Kepala dan Tenaga Administrasi PAUD, secara lebih rinci sanggup dilihat dalam uraian sebagai diberikut:

KOMPETENSI PENGAWAS/PENILIK PAUD

A. Kompetensi Kepribadian
Berakhlak mulia dan sanggup menjadi teladan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan
Menunjukkan tanggung jawaban dan komitmen dalam melaksanakan kiprah profesinya sebagai penilik
Menunjukkan kreativitas dalam bekerja dan mengatasi dilema yang berkaitan dengan tugas-tugas penilik
Menunjukkan rasa ingin tahu akan hal-hal gres tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang menunjang kiprah pokok dan tanggungjawabannya
Menunjukkan motivasi dan etos kerja yang menggambarkan perubahan tumpuan pikir (mindset) dalam peningkatan mutu pendidikan

B. Kompetensi Sosial
Memahami karakteristik sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat setempat
Mampu bekerja sama dengan aneka macam pihak dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsi penilik
Mampu berperan serta dalam kegiatan organisasi profesi penilik dan organisasi profesi lainnya
Memiliki kepekaan terhadap aneka macam dilema yang terjadi pada masyarakat setempat
Menguasai dilema sosial kemasyarakatan dan cara pemecahannya

C. Kompetensi Supervisi Manajerial
Menguasai fungsi-fungsi manajemen pendidikan dalam penyelenggaraan satuan/program PAUD
Menguasai konsep, prinsip, metode dan metode supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan satuan/program PAUD
Menguasai metode penyusunan rancangan dan pelaksanaan pengendalian mutu dan penilaian dampak aktivitas PAUD
Menguasai metode dan instrumen kerja untuk melaksanakan kiprah pengendalian mutu dan penilaian dampak aktivitas PAUD
Membina pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan/pogram PAUD menurut prinsip-prinsip manajemen supervisi
Memahami pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan dan memanfaatkan balasannya untuk memmenolong sekolah dalam mempersiapkan penilaian diri sekolah, legalisasi sekolah dan peningkatan mutu sekolah
Menganalisis data hasil supervisi manajerial secara komprehensif
Menyusun laporan hasil supervisi manajerial secara komprehensif dan bermakna
Mengomunikasikan hasil supervisi manajerial kepada kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu manajemen sekolah

D. Kompetensi Penelitian dan Pengembangan
Menerapkan pendekatan, metode, jenis dan mekanisme penelitian untuk menyebarkan aktivitas PAUD
Menentukan dilema yang penting untuk diteliti terkait dengan kiprah kepengawasan dan pengembangan karir sebagai penilik
Menyusun karya tulis ilmiah berbasis penelitian dan non-penelitian bidang PAUD
Menerapkan langkah dan mekanisme pelaksanaan penelitian tindakan
Menerapkan metode penyusunan buku ajar, pedoman, dan petunjuk teknis untuk pelaksanaan pengendalian mutu satuan/program PAUD
Memanfaatkan hasil penelitian untuk pengembangan satuan/program PAUD
Membimbing kepala sekolah dan guru melaksanakan penelitian tindakan sekolah dan tindakan kelas serta publikasinya

E. Kompetensi Supervisi Akademik
Menganalisis konsep, prinsip dasar, dan teori perkembangan anak usia dini
Menganalisis konsep, prinsip dasar, metode dan metode pengasuhan, pembelajaran, proteksi anak usia dini
Membimbing pendidik PAUD dalam menyusun planning kegiatan dalam pembelajaran
Membimbing pendidik PAUD dalam melaksanakan pengasuhan, pembelajaran, proteksi anak usia dini
Membimbing pendidik PAUD dalam memilih, memakai dan menyebarkan alat permainan edukatif, media pembelajaran dan teknologi isu untuk melaksanakan kegiatan pengasuhan, pembelajaran, proteksi anak usia dini
Menganalisis hasil supervisi akademik secara komprehensif
Menyusun laporan hasil supervisi akademik secara komprehensif
Mengomunikasikan hasil supervisi akademik kepada guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran

F. Kompetensi Evaluasi Pendidikan
Menerapkan konsep dan prinsip-prinsip penilaian pendidikan dan aplikasinya dalam satuan/program PAUD
Mengembangkan instrumen penilaian kegiatan anak usia dini
Memantau pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis balasannya untuk meningkatkan mutu satuan/program PAUD
Membimbing pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam memanfaatkan hasil penilaian kinerja untuk peningkatan mutu pembelajaran
Mengevaluasi kinerja satuan pendidikan PAUD untuk melaksanakan training lebih lanjut

KOMPETENSI KEPALA PAUD
A. Kompetensi Kepribadian
Menunjukkan adat mulia, menyebarkan budaya dan tradisi adat mulia, dan menjadi teladan adat mulia bagi masyarakat di satuan/program PAUD
Menunjukkan integritas kepribadian sebagai pemimpin
Menunjukkan harapan yang berpengaruh dalam pengembangan diri sebagai kepala PAUD
Menunjukkan perilaku terbuka dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsi
Menunjukkan pengendalian diri dalam menghadapi dilema dalam pekerjaan sebagai kepala PAUD
Menunjukkan talenta dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan

B. Kompetensi Manajerial
Menyusun perencanaan satuan/program PAUD untuk aneka macam tingkatan perencanaan
Mengembangkan organisasi satuan/program PAUD sesuai dengan kebutuhan
Memimpin satuan/program PAUD dalam pendayagunaan sumber daya nya secara optimal
Mengelola perubahan dan pengembangan forum menuju organisasi pembelajaran yang efektif
Menciptakan budaya dan iklim satuan/program PAUD yang aman dan inovatif bagi pembelajaran anak usia dini
Mengelola guru dan tenaga manajemen satuan/program PAUD dalam rangka pendayagunaan sumber daya insan secara optimal

C. Kompetensi Sosial
Mengelola masukana dan pramasukana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
Mengelola kekerabatan satuan/program PAUD dan masyarakat dalam rangka pencarian sumbangan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
Mengelola keuangan satuan/program PAUD sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
Mengelola ketatausahaan satuan/program PAUD dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
Mengelola unit layanan khusus satuan/program PAUD dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
Mengelola sistem isu satuan/program PAUD dalam mendukung penyusunan aktivitas dan pengambilan keputusan
Memanfaatkan kemajuan teknologi isu dan komunikasi (TIK) bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen satuan/program PAUD
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan aktivitas kegiatan sekolah/ madrasah dengan mekanisme yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
Menyelesaikan konflik internal secara bijaksana

C. Kompetensi Kewirausahaan
Melakukan penemuan yang berkhasiat bagi pengembangan satuan/program PAUD
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan satuan/program PAUD sebagai organisasi pembelajar yang efektif
Memiliki motivasi yang berpengaruh untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah
Pantang mengalah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi hambatan yang dihadapi satuan/program PAUD
Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa satuan/program PAUD sebagai sumber berguru bagi anak usia dini
Kreatif menyebarkan perjuangan forum PAUD
Terampil memanfaatkan jejaring kemitraan
Memberdayakan potensi masyarakat di sekitar satuan/program PAUD

D. Kompetensi Supervisi
Merencanakan aktivitas supervisi akademik
Merencanakan aktivitas supervisi manajerial
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru PAUD
Melaksanakan supervisi manajerial terhadap tenaga manajemen sekolah
Menyusun laporan hasil supervisi akademik
Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
Melakukan training menurut hasil supervisi akademik guru untuk peningkatan profesionalisme
Melakukan training menurut hasil supervisi manajerial tenaga manajemen sekolah untuk peningkatan kinerja

E. Kompetensi Sosial
Bekerja sama dengan pemangku kepentingan (stakeholder) satuan/program PAUD
Menunjukkan partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan
Memprakarsai kegiatan yang mencerminkan kepekaan sosial
Peduli terhadap kebutuhan masyarakat satuan/program PAUD
Melestarikan dan memberdayakan lingkungan satuan/program PAUD
Berkomunikasi secara santun dan efektif
Menunjukkan tenggang rasa kepada sesama masyarakat satuan/program PAUD

KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI PAUD

A. Kompetensi Kepribadian
Berakhlak mulia
Bersikap terbuka
Tekun dan ulet
jujur dan bertanggung jawaban
Bertindak konsisten dengannilai dan keyakinannya
Bertindak secara tepat
Memiliki etos kerja
Melakukan penilaian diri

B. Kompetensi Profesional
Mengaplikasikan teknologi isu dalam sistem manajemen pendidikan
Mendokumentasi data kelembagaan dengan memakai aneka macam media
Memdiberi pelayanan administratif kepada pendidik dan tenaga kependidikan, serta orang bau tanah peserta didik
Mengelola masukana dan pramasukana satuan/program PAUD secara optimal
Memperlancar manajemen penerimaan peserta didik dan pengelompokkan peserta didik
Mengelola keuangan sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
Mengelola ketatausahaan untuk mendukung pencapaian tujuan
Melindungi anak dari kekerasan

C. Kompetensi Sosial
Menjalin kerjasama dengan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan
Memdiberi layanan administratif dan isu kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah
Bersikap transparan, terbuka, dan ramah dalam mempersembahkan pelayanan
Memiliki kepekaan sosial
Bekerjasama dengan aneka macam pihak untuk kepentingan satuan/program PAUD
Mengambil peluang untuk mengelola satuan/program PAUD secara berkesinambungan

D. Kompetensi Manajerial
Merencanakan aktivitas ketatausahaan secara mingguan, bulanan, dan tahunan
Melaksanakan aktivitas kerja secara terencana, rapi, dan terarsipkan Membuat laporan kegiatan manajemen bulanan dan tahunan
Mengelola dan menyebarkan satuan/program PAUD dalam pelayanan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan
Mengkoordinasi pendidik dan tenaga kependidikan lain dalam menjalankan tugas
Mengelola masukana dan pramasukana sebagai aset lembaga.

Sumber : Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Lampiran 3).

LihatTutupKomentar