Kesuksesan anak dalam bermain sangat bergantung pada orang sampaumur dan lingkungan yang diciptakannya. Keterlibatan pendidik dalam bermain ialah hal yang terpenting untuk mendukung pertumbuhan dan kemampuan mencar ilmu anak. Kegiatan anak dalam bermain sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara menyerupai memakai anggota tubuhnya (bertepuk tangan, bergoyang, berlari-lari) bermain pura-pura, membuat sesuatu, atau bermain dengan mitra sebaya. Pengalaman bermain tersebut sanggup memmenolong perkembangan fisik, emosi, kognitif dan sosial anak. Makara bermain ialah cara terbaik bagi anak untuk menyebarkan seluruh kemampuannya.
Menciptakan lingkungan bermain yang baik bagi anak harus didasarkan pada tiga jenis main yaitu :
Menciptakan lingkungan bermain yang baik bagi anak harus didasarkan pada tiga jenis main yaitu :
- Main Sensori motor (sensori-motor play)
- Main Peran (Symbolic play)
- Main Pembangunan (constructive play)
Karena itu pengalaman main yang berkarakter harus direncanakan dengan baik, yaitu menata lingkungan main dan memdiberi pijakan – pijakan. Sehingga proses yang terjadi dalam acara bermain anak sanggup dicapai dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak secara baik.