Bayi Baru Lahir
- Diperdengarkan atau dibisikkan Do'a pada indera pendengaran kanan-kiri (Diazankan dan diqomatkan)
- Beri Korma Yang dilembutkan/madu
- Perlu Perhatian penuh, mempersembahkan ASI, baca bismillah dan alhamdulillah memulai dan menyudahi anak minum ASI
- Ajak komunikasi, lewat mata, indera pendengaran dan rabaan
- Tempat pulas diberi mainan yang menarikdanunik
- Gerakkan bola-bola kecil, warna warni, ke kiri - ke kanan
Umur tujuh hari
- Sunnah memdiberi nama, aqiqah dan mencukur rambut. Dapat dilakukan pada hari ke 14 atau hari ke 21
- Sodaqoh kepada fakir miskin, seharga emas seberat rambut bayi yang sudah dicukur
- Jika pria boleh di hitan, sekalipun tidak mutlak, sanggup hingga sebelum baliqh
- Ajak komunikasi, lewat tiruana alat indra
- Tempat pulas diberi mainan yang menarikdanunik
- Gerakkan bola-bola kecil, warna warni, ke kiri - ke kanan
Umur satu bulan
- Pengenalan benda-benda, merangsang otot mata
- Mengajak bermain wajah, terseyum, melatih rasa
- Melatih seluruh indra, meletakkan tangan bayi pada telinga, mulut, hidung, rambut kepala Anda
- Mengajak bermain kain warna warni
- Latih pendengaran, dengan bunyi gemerincing
Umur 1,5 bulan
- Memperdengarkan bunyi dari seluruh penjuru
- Memperdengarkan banyak sekali macam suara
Umur 2 bulan
- Merespon sesuai keadaan bayi, senang, besar hati dengan seyuman
- Jika marah, ditenangkan.
- Segera tanggapi tangisnya, mungkin ia capek, lapar, haus, ngompol, kencing atau overstimulasi
- Tanamkan rasa percaya diri
- Sering menatap bayi, komunikasi, ajak ngobrol akan mencerdaskan emosinya
Umur 3 bulan
- Tingkatkan perhatian lewat dekapan, belaian, tatapan kasih akung
- Beri mainan warna cerah
- Gantungkan benda-benda cerah, Gantungkan kaos kaki warna-warni yang disumpal dengan tisu, boneka, gambar
- Latih menyentuh bola/balon warna-warni
- Latih pendengaran dengan banyak sekali variasi
Umur 4 Bulan
- Latihan makan biscuit kewat tangannya, melatih kemandirian
- Beri perhatian dengan ketulusan dan kecintaan
- Menyusu dengan memegang susu ibu
- Latih dan biarkan meraba mulut, hidung, indera pendengaran ibu bila sedang disusui
- Mainan ditambah dengan variasi
- Latih keterampilan motorik (gerak tangan ) dengan benda-benda sekelilingnya
Umur 5 bulan
-Sering memanggil namanya
-Latih cilukba
-Latih tepuk tangan, mengibas jari, melatih keterampilan motorik (otot)
Umur 6 bulan
-Melatih mengambil kuliner dipiring
-Melatih menggenggam makanan
-Latih mengenal diri, lewat cermin, mengenal orang lain
-Latih dalam ayunan
-Latih bunyi mencakupk, dari banyak sekali arah, dari yang lembut hingga yang keras ( memukul kaleng)
-Kenalkan dengan orang lain
-Kenalkan banyak sekali bentuk bangunan dari balok kecil
-Kenalkan banyak sekali benda dan namanya
-Kenalkan banyak sekali rasa dan namanya
-Kenalkan banyak sekali bentuk tekstur (bentuk permukaan)
-Latih jalan-jalan di tanah, di pasir, di kerikil, di rumput
-Latih meraba menyerupai handuk baju, kaos, dan lain-lain
Umur 7 bulan
-Komunikasi intensif
-Bebaskan bayi banyak gerak, melempar bola, benda-benda
-Latih otot, dengan koordinasi motoriknya, memukul panci dengan sendok dan lain-lain
Umur 8 bulan
-Ajak berbicara sebanyak dan sesering mungkin,
-Latih berdoa sederhana
-Komentari perasaan bayi, …pipis ya ?, .. sudah sanggup berdiri ya?
-Ajak bernyanyi dan bermain yang sederhana
-Tunjukkan benda, gambar dan nama dan tulisannya
-Latih bermain benda yang simpel bergerak
Umur 9 bulan
-Latih rasa ingin tahu, benda-berda yang berputar, berpusing
-Latih meminum sendiri dengan cangkir plastik
-Latih menjumput benda-benda
-Latih mengenal benda-benda , contohnya alat dapur yang tidak berbahaya
-Latih membuka benda yang tertutup, contohnya kado
-Latih telpon-telponan
-Perkaya kosakata, kalimat
-Latih reflek alat indra, mata, tangan, badan
-Latih mengisi dan mengosongkan benda, contohnya ke dalam cangkir plastik
-Kenalkan sosialisasi dengan bayi-bayi lain
Umur 10 bulan
-Ajak berkomunikasi secara verbal apa yang dilakukan anak, tatkala pipis, marah, menggunakan baju diberi kode rentangkan tangan, menggunakan sepatu dls
-Kenalkan kata-kata gres dalam kehidupan sehari-hari
-Bacakan buku ceritera dengan penuh ekspresi
Umur 11 Bulan
-Latih pendengaran bunyi binatang
-Biarkan bermain sendiri, mengisi dan mengosongkan air, pasir, beras dlsb
-Beri nama-nama yang sudah dibuat anak, contohnya ini roti, beskuit, pegunungan dsb.
Umur 1 tahun
-Bermain dengan puzzle sederhana dan menarikdanunik
-Bermain keseimbangan, mobil-mobilan
-Perkenalkan lingkunagn, warna, rasa
-Menata permainan, kardus dan bungkus-bungkus bekas
-Kenalkan gambar-gambar besar dan menarikdanunik
-Dapat diperkenalkan mainan menarikdanunik yang sanggup dimakan (tapi perlu bimbingan)
Umur 1,5 tahun
-Latih kerja sama
-Latih bermain menyerupai yang dilakukan mama, papa, menulis, corat-coret, mobil-mobilan, telpon-telponan
Umur 2 tahun
-Latih anak mengenal tauhid
-Biarkan eksplorasinya berkembang
-Tanamkan nilai-nilai agama (Islam)
-Anak sudah tamat disapih, tapi tetap mempersembahkan kasih akung lewat dekapan, kehangatan dan kasih akung
-Sediakan alat-alat sederhana, kertas putih, kertas berwarna, wax ( plastisin yang simpel dibentuk) barang bekas , banyak sekali benda yang sanggup dibentuk
Umur 3 tahun
-Beri peluang anak bergaul dengan banyak orang
-Latih banyak bertanya wacana apa saja
-Beri kebebasan melaksanakan eksplorasi, mengenal dan menemukan sesuatu yang baru
-Beri peluang bermain apa saja, baik mainan yang menentramkan, mengelisahkan maupun yang menantang
-Sediakan banyak sekali perlengkapan untuk acara anak, contohnya untuk menulis, melukis/menggambar, maupun mengukir
-Ajari anak sanggup bermain tugas secara langsung
-Latihan ekspresi wajah, menyerupai sedih, gembira, marah, terkejut, kecewa, bingung, takut dan sebagainya (sebagai tes emosi dengan pengamatan langsung).
- Diperdengarkan atau dibisikkan Do'a pada indera pendengaran kanan-kiri (Diazankan dan diqomatkan)
- Beri Korma Yang dilembutkan/madu
- Perlu Perhatian penuh, mempersembahkan ASI, baca bismillah dan alhamdulillah memulai dan menyudahi anak minum ASI
- Ajak komunikasi, lewat mata, indera pendengaran dan rabaan
- Tempat pulas diberi mainan yang menarikdanunik
- Gerakkan bola-bola kecil, warna warni, ke kiri - ke kanan
Umur tujuh hari
- Sunnah memdiberi nama, aqiqah dan mencukur rambut. Dapat dilakukan pada hari ke 14 atau hari ke 21
- Sodaqoh kepada fakir miskin, seharga emas seberat rambut bayi yang sudah dicukur
- Jika pria boleh di hitan, sekalipun tidak mutlak, sanggup hingga sebelum baliqh
- Ajak komunikasi, lewat tiruana alat indra
- Tempat pulas diberi mainan yang menarikdanunik
- Gerakkan bola-bola kecil, warna warni, ke kiri - ke kanan
Umur satu bulan
- Pengenalan benda-benda, merangsang otot mata
- Mengajak bermain wajah, terseyum, melatih rasa
- Melatih seluruh indra, meletakkan tangan bayi pada telinga, mulut, hidung, rambut kepala Anda
- Mengajak bermain kain warna warni
- Latih pendengaran, dengan bunyi gemerincing
Umur 1,5 bulan
- Memperdengarkan bunyi dari seluruh penjuru
- Memperdengarkan banyak sekali macam suara
Umur 2 bulan
- Merespon sesuai keadaan bayi, senang, besar hati dengan seyuman
- Jika marah, ditenangkan.
- Segera tanggapi tangisnya, mungkin ia capek, lapar, haus, ngompol, kencing atau overstimulasi
- Tanamkan rasa percaya diri
- Sering menatap bayi, komunikasi, ajak ngobrol akan mencerdaskan emosinya
Umur 3 bulan
- Tingkatkan perhatian lewat dekapan, belaian, tatapan kasih akung
- Beri mainan warna cerah
- Gantungkan benda-benda cerah, Gantungkan kaos kaki warna-warni yang disumpal dengan tisu, boneka, gambar
- Latih menyentuh bola/balon warna-warni
- Latih pendengaran dengan banyak sekali variasi
Umur 4 Bulan
- Latihan makan biscuit kewat tangannya, melatih kemandirian
- Beri perhatian dengan ketulusan dan kecintaan
- Menyusu dengan memegang susu ibu
- Latih dan biarkan meraba mulut, hidung, indera pendengaran ibu bila sedang disusui
- Mainan ditambah dengan variasi
- Latih keterampilan motorik (gerak tangan ) dengan benda-benda sekelilingnya
Umur 5 bulan
-Sering memanggil namanya
-Latih cilukba
-Latih tepuk tangan, mengibas jari, melatih keterampilan motorik (otot)
Umur 6 bulan
-Melatih mengambil kuliner dipiring
-Melatih menggenggam makanan
-Latih mengenal diri, lewat cermin, mengenal orang lain
-Latih dalam ayunan
-Latih bunyi mencakupk, dari banyak sekali arah, dari yang lembut hingga yang keras ( memukul kaleng)
-Kenalkan dengan orang lain
-Kenalkan banyak sekali bentuk bangunan dari balok kecil
-Kenalkan banyak sekali benda dan namanya
-Kenalkan banyak sekali rasa dan namanya
-Kenalkan banyak sekali bentuk tekstur (bentuk permukaan)
-Latih jalan-jalan di tanah, di pasir, di kerikil, di rumput
-Latih meraba menyerupai handuk baju, kaos, dan lain-lain
Umur 7 bulan
-Komunikasi intensif
-Bebaskan bayi banyak gerak, melempar bola, benda-benda
-Latih otot, dengan koordinasi motoriknya, memukul panci dengan sendok dan lain-lain
Umur 8 bulan
-Ajak berbicara sebanyak dan sesering mungkin,
-Latih berdoa sederhana
-Komentari perasaan bayi, …pipis ya ?, .. sudah sanggup berdiri ya?
-Ajak bernyanyi dan bermain yang sederhana
-Tunjukkan benda, gambar dan nama dan tulisannya
-Latih bermain benda yang simpel bergerak
Umur 9 bulan
-Latih rasa ingin tahu, benda-berda yang berputar, berpusing
-Latih meminum sendiri dengan cangkir plastik
-Latih menjumput benda-benda
-Latih mengenal benda-benda , contohnya alat dapur yang tidak berbahaya
-Latih membuka benda yang tertutup, contohnya kado
-Latih telpon-telponan
-Perkaya kosakata, kalimat
-Latih reflek alat indra, mata, tangan, badan
-Latih mengisi dan mengosongkan benda, contohnya ke dalam cangkir plastik
-Kenalkan sosialisasi dengan bayi-bayi lain
Umur 10 bulan
-Ajak berkomunikasi secara verbal apa yang dilakukan anak, tatkala pipis, marah, menggunakan baju diberi kode rentangkan tangan, menggunakan sepatu dls
-Kenalkan kata-kata gres dalam kehidupan sehari-hari
-Bacakan buku ceritera dengan penuh ekspresi
Umur 11 Bulan
-Latih pendengaran bunyi binatang
-Biarkan bermain sendiri, mengisi dan mengosongkan air, pasir, beras dlsb
-Beri nama-nama yang sudah dibuat anak, contohnya ini roti, beskuit, pegunungan dsb.
Umur 1 tahun
-Bermain dengan puzzle sederhana dan menarikdanunik
-Bermain keseimbangan, mobil-mobilan
-Perkenalkan lingkunagn, warna, rasa
-Menata permainan, kardus dan bungkus-bungkus bekas
-Kenalkan gambar-gambar besar dan menarikdanunik
-Dapat diperkenalkan mainan menarikdanunik yang sanggup dimakan (tapi perlu bimbingan)
Umur 1,5 tahun
-Latih kerja sama
-Latih bermain menyerupai yang dilakukan mama, papa, menulis, corat-coret, mobil-mobilan, telpon-telponan
Umur 2 tahun
-Latih anak mengenal tauhid
-Biarkan eksplorasinya berkembang
-Tanamkan nilai-nilai agama (Islam)
-Anak sudah tamat disapih, tapi tetap mempersembahkan kasih akung lewat dekapan, kehangatan dan kasih akung
-Sediakan alat-alat sederhana, kertas putih, kertas berwarna, wax ( plastisin yang simpel dibentuk) barang bekas , banyak sekali benda yang sanggup dibentuk
Umur 3 tahun
-Beri peluang anak bergaul dengan banyak orang
-Latih banyak bertanya wacana apa saja
-Beri kebebasan melaksanakan eksplorasi, mengenal dan menemukan sesuatu yang baru
-Beri peluang bermain apa saja, baik mainan yang menentramkan, mengelisahkan maupun yang menantang
-Sediakan banyak sekali perlengkapan untuk acara anak, contohnya untuk menulis, melukis/menggambar, maupun mengukir
-Ajari anak sanggup bermain tugas secara langsung
-Latihan ekspresi wajah, menyerupai sedih, gembira, marah, terkejut, kecewa, bingung, takut dan sebagainya (sebagai tes emosi dengan pengamatan langsung).
Demikian cara menstimulasi tumbuh kembang anak 0 - 6 tahun secara Islami, semoga bermanfaa. terimakasih.