-->
Hakekat Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini
Hekekat Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini HAKEKAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Pada aktivitas pembelajaran anak usia dini, terdapat kekhasan dan karakteristik tersendiri dibandingkan dengan pembelajaran untuk anak usia sekolah. Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini mengutamakan pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak diusia emas (golden age) yaitu bermain sembil berguru dan berguru sambil bermain. Secara sederhana prinsip pembelajaran anak ini untuk memotivasi anak itu sendiri untuk mengetahui sesuatu secara lebih mendalam dan intens, dan secara impulsif anak sanggup menyebarkan kemampuannya.
Adapun hakekat pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini mencakup hal-hal sebagai diberikut :
  1. Orientasi berguru pada anak usia dini  yang bekerjsama yaitu menyebarkan rasa senang untuk belajar, mencari tahu, mencoba dan membuat gagasan, menemukan, memakai hal yang ada di sekitarnya
  2. Kuncinya lewat bermain sebagai masukana penting anak berguru menyebarkan ketrampilan sosial, emosional dan kognisi.
Pelaksanaan pembelajaran anak usia dini juga harus dilakukan dengan prinsip-prinsip seperti:
  1. Berorientasi pada kebutuhan anak (fisik, rasa aman, dihargai, tidak dibeda-bedakan, bersosialisasi dan diakui)
  2. Sesuai dengan perkembangan anak
  3. Sesuai dengan keunikan setiap individu
  4. Anak berguru dari hal konkret  ke abstrak, dari sederhana ke kompleks, gerakan ke verbal, diri-sendiri ke orang lain
  5. Anak pembelajar aktif
  6. Anak berguru melalui interaksi sosial.
Pembelajaran anak usia dini yang baik yaitu pembelajaran yang disusun menurut tahapan-tahapan perkembangan anak. Kegiatan pembelajaran harus lebih besar mengakomodasi kebutuhan anak dalam hal bermain dan berguru yang sangat bahagia. 
 
Demikian hakekat pelaksanaan pembelajaran anak usia dini, biar bermanfaa. terimakasih
 
Sumber: Disarikan dari banyak sekali sumber !!

LihatTutupKomentar