-->
Tips Dan Cara Mendidik Anak Berpuasa Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang sudah baliq. Tidaklah praktis menjalankan puasa untuk pertama kali, apalagi untuk anak-anak. Untuk itu ada baiknya jikalau kita sanggup mengajarkan puasa pada anak semenjak usia dini. Berikut beberapa tips mendidik anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan ini:
  1. Ajaklah belum dewasa kita sahur bareng bersama keluarga, ini untuk membiasakan diri biar mereka sanggup memahami waktu sahur. Pastikan anak untuk selalu melaksanakan sahur biar mendapat sumber energi untuk puasa esok harinya.
  2. Menu makanan sahur dibentuk sesuai dengan kesukaan anak, tentunya dengan memperhatikan dan mengutamakan kandungan gizi, karbohidrat dan nutrisi yang cukup. Ini untuk merangsang anak biar mau makan sahur.
  3. Buat suasana ketika sahur sangat senang buat anak alasannya pada ketika ini anak masih terasa sangat mengantuk.
  4. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung lemak untuk memmenolong menghindari rasa lapar dan perbanyak makanan berserat untuk memperlancar membuang air besar.
  5. Berikan minuman yang mengandung gula menyerupai teh manis, susu, atau jus buah. Karena gula praktis larut dan diserap oleh badan sehingga sanggup dengan cepat dipakai sebagai sumber energi.
  6. Tidak mempersembahkan vitamin penambah nafsu makan ketika sahur alasannya sanggup membuat anak cepat lapar.
  7. Di siang hari jikalau anak kita merasa lapar dan tidak sanggup menahan lapar, biarkan mereka makan kemudian dilanjutkan puasanya hingga waktu berbuka.
  8. Berikan motivasi dan penghargaan kepada belum dewasa jikalau mereka berhasil berpuasa satu hari penuh. Penghargaan tidak harus berupa embel-embel uang saku tapi sanggup juga dengan mempersembahkan hidangan Istimewa kesukaan anak ketika berbuka.
  9. Saat berbuka puasa, mulailah dengan memakan atau minum yang anggun menyerupai buat kurma atau teh manis. Dianjurkan untuk minum yang hangat tidak cuek (es).
  10. Makan ketika berbuka tidakboleh hingga kekenyangan alasannya akan membuat perut sakit sehingga anak menjadi trauma. Makanlah secara bertahap. Misalnya sehabis sholat magrib kemudian dilanjutkan sehabis sholat isya.
Demikian tips dan cara mendidik anak biar bepuasa dibulan suci Ramadhan ini, semoga goresan pena ini bermanfaa dan sanggup memmenolong memahami perkembangan anak untuk ikut diberibadah dibulan puasa Ramadhan ini.

Sumber : http://kambingaqiqah.com/

LihatTutupKomentar